SHELTER GUNUNG KERINCI


3.805 mdpl? Itu tinggi banget, gaiz!!...

Gunung Kerinci. Siapa yang tiada kenal gunung tertinggi di Sumatera ini? Apalagi bagi pencinta alam dan petualangan. Jadi semacam ‘menu’ wajib ke destinasi ini. Dahsyatnya, Gunung Kerinci merupakan gunung api teraktif di Asia tenggara. Jika kamu mau mendaki ke sini, maka jalur umum melewati desa Kersik Tuo, kecamatan Kayu Aro dekat dengan kota Sungai Penuh, provinsi Jambi. Kersik Tuo berada pada ketinggian 1.400 mdpl dengan penduduk yang terdiri dari para pekerja perkebunan keturunan Jawa, sehingga bahasa setempat adalah bahasa Jawa. Gunung Kerinci masih merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra yang perlu dilindungi.

Ada beberapa fakta tentang Gunung Kerinci biar kamu ga penasaran apa, sih hebatnya gunung ini:

1. Pastinya merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia dan gunung berapi tertinggi di Asia tenggara

2. Masuk dalam kawasan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat). TNKS, yang kabarnya masih banyak #harimau, adalah taman nasional terbesar di Indonesia. Bahkan TNKS masuk ke dalam 4 provinsi; Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan.

3. Nama lain Gunung Kerinci adalah: Korinci, Berapi Kurinci, Puncak Indrapura dan Gunung Gadang (gede).

4. Menjadi World Heritage Site untuk Tropical Rainforest Heritage of Sumatera

5. Ditetapkan sebagai kawasan konservasi pada tahun 1982, yang berada di wilayah TNKS

Jika kamu naik sampai ke puncak gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif ini, apa aja yang bisa kamu lihat? OMG..kamu bisa liat view indah amat jelas; Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu bahkan Samudera Hindia . uniknya, Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Tentu saja ada Danau Gunung Tujuh. FYI, Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi di Asia tenggara. Keren, bukan?

Ayo, angkat ranselmu. Mari berpetualang ke Jambi dan Kerintji!

Komentar