Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sabtu, 26 Maret 2016

SHELTER GUNUNG KERINCI

3.805 mdpl? Itu tinggi banget, gaiz!!...

Gunung Kerinci. Siapa yang tiada kenal gunung tertinggi di Sumatera ini? Apalagi bagi pencinta alam dan petualangan. Jadi semacam ‘menu’ wajib ke destinasi ini. Dahsyatnya, Gunung Kerinci merupakan gunung api teraktif di Asia tenggara. Jika kamu mau mendaki ke sini, maka jalur umum melewati desa Kersik Tuo, kecamatan Kayu Aro dekat dengan kota Sungai Penuh, provinsi Jambi. Kersik Tuo berada pada ketinggian 1.400 mdpl dengan penduduk yang terdiri dari para pekerja perkebunan keturunan Jawa, sehingga bahasa setempat adalah bahasa Jawa. Gunung Kerinci masih merupakan habitat harimau sumatra dan badak sumatra yang perlu dilindungi.

Ada beberapa fakta tentang Gunung Kerinci biar kamu ga penasaran apa, sih hebatnya gunung ini:
1. Pastinya merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia dan gunung berapi tertinggi di Asia tenggara
2. Masuk dalam kawasan TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat). TNKS, yang kabarnya masih banyak #harimau, adalah taman nasional terbesar di Indonesia. Bahkan TNKS masuk ke dalam 4 provinsi; Jambi, Sumatera Barat, Bengkulu dan Sumatera Selatan.
3. Nama lain Gunung Kerinci adalah: Korinci, Berapi Kurinci, Puncak Indrapura dan Gunung Gadang (gede).
4. Menjadi World Heritage Site untuk Tropical Rainforest Heritage of Sumatera
5. Ditetapkan sebagai kawasan konservasi pada tahun 1982, yang berada di wilayah TNKS

Jika kamu naik sampai ke puncak gunung berapi bertipe stratovolcano yang masih aktif ini, apa aja yang bisa kamu lihat? OMG..kamu bisa liat view indah amat jelas; Kota Jambi, Padang, dan Bengkulu bahkan Samudera Hindia . uniknya, Gunung Kerinci memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air yang berwarna hijau. Di sebelah timur terdapat danau Bento, rawa berair jernih tertinggi di Sumatera. Di belakangnya terdapat gunung tujuh dengan kawah yang sangat indah yang hampir tak tersentuh. Tentu saja ada Danau Gunung Tujuh. FYI, Danau Gunung Tujuh merupakan danau tertinggi di Asia tenggara. Keren, bukan?
Ayo, angkat ranselmu. Mari berpetualang ke Jambi dan Kerintji!

Rabu, 23 Maret 2016

NGIRUP CUKO

Gimana rasanya #NgirupCuko?...

Palembang amat terkenal dengan kuliner satu ini; Pempek. Padahal wilayah kerajaan Sriwijaya dan Melayu kuno dulu meliputi Sumatera bagian selatan termasuk Jambi dsb. Bahkan dari data penelitian yang ada bahwa kerajaan Sriwijaya pernah berpusat di DAS Batanghari yang sekarang masuk provinsi Jambi. Tepatnya sekitar percandian MuaraJambi sebagai situs percandian terluas di Asia Tenggara. Jadi kuliner ini hampir merata di wilayah sekitarnya.

Okay, baiklah. Kita ga usah mempermasalahkan itu. Hmm, makanan ini tentu saja enak nian. Terbuat dari ikan yang dihaluskan dan sagu, serta beberapa komposisi lain seperti telur, bawang putih halus, penyedap rasa dan garam. Temannya adalah cuko (cuka) terbuat dari air yang dididihkan, kemudian ditambah gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Terus adanya irisan dadu timun segar dan mie kuning.
Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam", yaitu telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah ditumis dan dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.

Kabarnya dulu yang menemukan pempek atau empek-empek adalah si apek. Doi tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi). Ia merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi yang belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek. Pempek bisa terbuat dari ikan belida, ikan tenggiri, gabus, kakap merah dll. Varian lainnya adalah laksan, tekwan, model, celimpungan dan lenggang.


Pokoknya kalau datang ke Palembang atau ke #Jambi, ga lengkap juga ga bawa oleh-oleh Pempek. Lemak, nian Oy!

TAMAN RIMBA

TAMAN RIMBO with Zoo Airport

Bisa jadi Jambi adalah satu-satunya yang didapuk sebagai Zoo Airport pertama di Indonesia. Keren, bukan? Wahana ini terintegrasi antara Kebun Binatang dan bandara Sulthan Thaha Syaifuddin Jambi. Cuma 5 menit, kok ke sini. Jalan kaki dari bandara juga bisa. Jika kelamaan nunggu atau delay beberapa jam, mending main kesini aja. Cuma 8 ribu perak tiket masuknya. Taman Rimbo punya koleksi berbagai jenis burung dan hewan langka lainnya seperti: burung rangkok, pelican laut, elang, rajawali, bangau, burung unta, beruang hitam, gajah dan buaya. Harimau Sumatera sebagai ikon fauna Provinsi Jambi tentu saja ada. Untuk berbagai jenis burungnya ditempatkan di dalam ruangan seperti bola yang besar, sedangkan untuk hewan langkanya pengunjung bisa mendekat ke kandang masing-masing hewan langka dan bisa memberikan makanan kepada hewan tersebut. Ada juga gajah yang bisa kamu coba tunggangi yang siap mengantarmu berkeliling arena.

Dulu objek wisata ini dibangun awal tahun 80-an dan menjadi andalan wisata kota Jambi. Sekarang Taman Rimbo makin berbenah can tambah cantik. Terus koleksi hewannya juga bertambah. So, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampau. Main kesini, yak.

Seloko Besak Kecik

Apa Seloko semacam makanan?... Tentu saja bukan.

Seloko (dialek Jambi) sama dengan Seloka (bahasa Indonesia). Seloko merupakan salahsatu bentuk sastra lisan (tutur) yang masih ada di wilayah Provinsi Jambi, sebagai bentuk kebudayaan daerah yang diwariskan turun-temurun. Ini adalah tradisi masyarakat Jambi. Biasanya seni tutur ini ditampilkan pada satu upacara adat atau acara-acara tradisional. Seloko bagi orang melayu, menurut pak Junaidi T Noor (budayawan Jambi), punya makna yang mendalam. Yakni mengandung pesan atau nasihat bernilai etika dan moral; sebagai alat kontrol sosial-kemasyarakatan, politik serta penjaga keserasian dengan alam; sebagai pandangan hidup; dan sebagai tuntunan hidup.


Si pembaca Seloko disebut penyeloko. Nah, penyeloko biasanya menggunakan pantun atau sejenisnya yang diiringi dengan rima dan metrum yang mantap sehingga tidak jarang menarik perhatian bagi sebagian orang yang mendengarkan.

Berikut beberapa contoh Seloko Jambi: “ Lembai Sekepeh Entak Sedegam” ( Lembai sekipas hentak sebunyi). Artinya seia sekata dalam mengerjakan suatu pekerjaan. Tim musti kompak. Hidup jadi selaras.

Ada lagi beberapa contoh Seloko termasuk desain #Jakoz ini: “Kecik dak Besebut Namo, Besak dak Disebut (diimbau) Gelar.”
Contoh lain:
• Anak dipangku, ponakan dibimbing.
• Kalo aek keruh di muaro cubo tegok ke hulu
• Ke aek bebungo pasir, ke darat bebungo rimbo adolah hak rajo
• Rami ngeri di nan mudo, elok negeri di nan tuo
• Duduk sorang besempit-sempit, duduk basamo balapang-lapang
• Kampung bepagar adat, tepian bepagar bahaso
• Sawah dalam ado mutlaknyo, ladang panjang ado batasnyo
• Adat selingkung negeri, undang selingkung alam
• Kato sorang kato bapecah, kato basamo kato mufakat
• Ambik contoh kepado yang telah sudah, ambik tuah kepado yang menang
• Berjenjang naik bertanggo turun, turun dari takak nan diatas, naik dari takak nan dibawah
• Tepijak di benang arang, itam tapak. Tersuruk di bukit kapur, putih tengkuk.
• Naik idak bepucuk, turun idak berakar, tengah-tengah diakuk kumbang, ke rimbo diterkam harimau, ke air ditangkap buayo.
• Jangan sampe bepanas dalam belukar.
• Nan buto penumbuk tepung, nan pekak pelepas meriam, nan lumpuh penunggu rumah, nan patah pengalau ayam
• Jatuh ke aek hanyut, jatuh ke api hangus
• Bak membelah betung, sebelah diinjak, sebelah gi diangkat tinggi
• Berjalan kincir kerno aek, begoyang dahan kerno anginnyo
• Betelur nyamuk di punggung
• Beujo bepegang eko, beambur bepegang tali
• Buluh tuo menyesak kalu ditebang dak beguno
• Bungkal nan bepiawai arus nan bedengung
• Burung kecik ciling mato, burung gedang duo suaro; titian galing dalam negeri pagar nan rapat makan tanaman
• Dak telak nggigit tanduk, nggigit telingo
• Dikit menjadi pembasuh, banyak menjadi musuh
• Di mano titik di sano ditampung, di mano patah di sano disisip, di mano terbit di sano dituai
• Elok cakap tengah berembug, buruk cakap serambi berembug
• Jangan bepikir sekali sudah behemat sekali habis
• Jatuh di tempat nan rato, anyut di arus nan tenang
• Kalu dak tembilang patah tanaman tekalik
• Keruh aek di ilir, perikso di ulunyo; senak aek di ulu, perikso di muaronyo
• Laksano kayu di dalam utan patah tumbuh ilang beganti
• Lain biduk nan dikayuh, asing sampan nan ditambat
• Macam narik benang dalam tepung; benang dak putus, tepung dak beserak
• Menurut runut nan terentang sejak bari, menempuh jalan nan berambah sejak dulu
• Merantau baolah ayam betino jangan dibao ayam jantan
• Naik lah dikungkung dahan turun lah dipasung banir
• Padi ditanam tumbuh lalang, ayam di pautan ditangkap elang, ikan di pemanggangan tinggal tulang, di semak rimau mengadang, di aek pun buayo mengarang
• Pandang aek pandanglah tubo, pandang ikan nan kan binaso
• Patah lidah utang tumbuh, patah keris badan binaso
• Salah langkah kaki patah, salah jangkau tangan putus
• Tebing runtuh tepian beranjak, tanjung putus teluk beralih
• Tonggak nan idak dapat digoyangkan, cermin gedang nan idak kabur
• Ukur mato jangan diliat sajo, ukur telingo jangan didengar sajo; kurang sisik tunas menjadi

So, cintai budaya lokalmu.

Kamis, 04 Februari 2016

Nasi Gemuk

Kuliner khas Jambi ini tidak terbatas untuk kategori kalangan tertentu. Ini menu rakyat. Namanya Nasi Gemuk. Gemuk sebab terlihat begitu. Mengembang. Direbus dengan santan, daun salam, serai dan garam sampai mendidih lalu masukkan beras, tunggu hingga masak dan meresap. Kukus hingga 45 menit dengan api sedang. Sebagai pelengkap pakai sambal terasi lebih maknyuzz. Telur dadar diiris-iris. Jangan lupa tambahkan teri, bawang goreng, telur rebus, dan kerupuk biar kriuk.

Di Jakarta punya nasi uduk. Di Jambi ada nasi minyak, ada pula nasi gemuk. Intinya kuliner ini dimasak dengan santan hingga bercitarasa gurih.
Nasi Gemuk jamak dijual di warung-warung pinggir jalan. Amat merakyat. Sebab telah menjadi menu utama setiap sarapan pagi anak-anak sekolah, orang kantoran dll. Biasanya karib dekat Nasi Gemuk adalah lontong. Dua sahabat kuliner ini tak terpisahkan. Yuk, icip-icip jika ke Jambi menu ini.

Dijamin ga bikin gemuk, kok.

Rabu, 03 Februari 2016

Surfing in Batanghari River

Berselancar di Sungai Batanghari

Pernah ga, sih kamu di tv liat orang menunggangi banteng ngamuk?...lha kalau yang ditunggai adalah ombak, ini pekerjaan para peselancar, bukan? Yup. Surfing alias selancar adalah salahsatu cabang olahraga yang bikin adrenalin kamu bisa terpacu. Jaga keseimbangan dan kemampuan mengarahkan papan selancar dengan baik agar kita tidak mudah terjatuh ke air. Seru! Papan yang kita tunggangi akan bergerak sebab ada arus ombak di bawahnya. Ya, iyalah. Masak pake seliter solar.

Gimana jika kamu berselancar di sungai? Di Batanghari? Mungkin, ga sih? Hmm…biasanya berselancar di laut dengan ombak tinggi. Mentawai dan Nias jadi tempat favorite para peselancar di seluruh dunia. Kabarnya, nih. Mentawai memiliki ombak tertinggi ke dua di dunia setelah Hawaii! Keren, kan Indonesia?...

Jangan-jangan seperti sungai di Riau, mana tau suatu ketika, jika alam mendukung, Batanghari bisa menjadi sungai tempat berselancar. Minimal, berselancar by Ketek dulu. (baca: perahu bermesin yang bunyinya tek-ketek-ketek-ketekkkk!). mungkin ga, di sungai Batanghari, sebagai sungai terpanjang di Sumatera, punya ombak tinggi buat berselancar?...

Are you sure you want to surf in Batanghari river?...

Scrabble; Teka-teki Silang Kota-kota di Jambi

Scrabble


Kata situs Wikipedia.org bahwa Scrabble adalah permainan papan dan permainan menyusun kata yang dimainkan 2 atau 4 orang yang mengumpulkan poin berdasarkan nilai kata yang dibentuk dari keping huruf di atas papan permainan berkotak-kotak (15 kolom dan 15 baris). Biji permainan berupa keping berbentuk bujur sangkar yang bertuliskan huruf pada salah satu sisi. Pemain mengambil hingga sebanyak tujuh buah keping huruf dari kantong, dan berusaha menyusun kata secara mendatar atau menurun seperti teka-teki silang. Kata-kata yang dibuat harus merupakan kata yang diizinkan untuk dimainkan berdasarkan kamus standar sesuai dengan bahasa yang dimainkan. Pemain yang mengumpulkan total poin tertinggi dinyatakan sebagai pemenang.

Scrabble ini bagus buat melatih agar kita kaya kosakata bahasa Inggris. Jika ga tahu/lupa, biasanya sudah ada kamus. Berikut Jakoz membuat desain ibukota-ibukota kabupaten/kota se provinsi Jambi. 11 Kota-kota tersebut adalah: Kota Jambi, Sungai Penuh, Kerinci, Muaro Tebo, Sarolangun, Muaro Bungo, Sabak, Bangko, Sengeti, Muara Bulian, Kuala Tungkal.

Kamu sendiri pernah ga, main scrabble?...

Selasa, 02 Februari 2016

Masjid 1000 Tiang: Masjid Agung Alfalah Jambi

Masjid 1000 Tiang: Alfalah Mosque

Can you tell me, how many posts of the Alfalah Mosque there are? Please choose:

a. Yes, 1000 Posts
b. No, I’m Confused
c. Maybe Yes Maybe No
d. Baseng Bae, lah



Ada Masjid di Jambi dengan 1000 Tiang?...Ga percaya? Sok, atuh. Itung sendiri bae. Mana tau bisa berlebih. Tapi kalian yang datang ke Jambi kudu mampir ke destinasi popular di Jambi ini. Belum afdhol rasanya. Bagi yang muslim pas banget sekalian ambil waktu sholat wajib. Misal mau liat interior dan pencahayaannya mending datang waktu malam hari. It’s cool.

Sekilas tentang masjid 1000 Tiang.

Dahulu lokasi berdirinya masjid Agung Alfalah ini adalah pusat kerajaan Melayu dan bekas Istana Tanah Pilih yang dipimpin oleh Pahlwan Jambi: Sulthan Thaha Syaifuddin.

pada tahun 1885 pernah dikuasai penjajah Belanda dan dijadikan pusat pemerintahan dan benteng Belanda. Dan Sulthan Thaha beserta pasukannya sengaja membakar Istana Tanah Pilih agar tidak dikuasai oleh penjajah. Makanya kawasan ini pula disebut dengan daerah Benteng. Masjid 1000 Tiang yang jumlah tiang setelah dihitung Cuma 256 buah ini, dibangun dari tahun 1971-1980 dan setelah Belanda keluar lokasi ini pernah dijadikan markas TNI.
So, jalan-jalan ke Jambi, mampir dan singgah buat sholat di sini. Tenteram hati sambil mandangi interior masjid.

Minggu, 30 Agustus 2015

.:: The Adventures of ORANG RIMBA

Mungkin ga, sih Tintin singgah di Taman Nasional Bukit 12, Provinsi Jambi?... Berpetualang ala Orang Rimba alias Suku Anak Dalam?...

Bisa jadi..bisa jadi. Mana tahu Herge, artis Belgia si komikusnya bakal meluncurkan serial komik Tintin versi Orang Rimba. Bakal seru, nih.

Oh, ya. Dalam bahasa Perancis, Petualangan Tintin disebut “Les Aventures de Tintin et Milou'' ini pertama kali muncul pada tanggal 10 Januari 1929 di Koran Belgia. Adalah seorang wartawan muda yang hobi mengembara bernama Tintin. Rambutnya khas, berjambul kuning! Seandainya Milo, si anjing Tintin dan Kapten Haddock bertemu dengan Besudut di rimba Makekal, kira-kira cerita seru apa, ya yang bakal terjadi?

.:: DUKU KUMPEH; The Original Fruit of Jambi


Kejarlah DUKU (Daku) Kau Kutanggap...

Siapa yang ga kenal Duku Kumpeh? Manisnya sungguh astaganaga. Beyik buat oleh-oleh dari Jambi sebab banyak dibawa ke Jakarta, Jawa hingga kota-kota tetangga terdekat dari Provinsi Jambi. Manisnya khas dan mantap. Para pedangang di Jambi dengan bangga menjualnya, ya dengan sebutan Duku Kumpeh si Duku Jambi. Bukan yang lain. Karena masalah rasa ga bisa bohong.

Jika musim panen tiba banyak truk-truk luar daerah langsung berdatangan ke lokasi kebun duku seperti di kabupaten Muaro Jambi, Kumpeh sebagai sentral Duku Kumpeh terbesar. Plat-plat kendaraan seperti B, BG, BA ga mau kalah mendistribusikan Duku Kumpeh hingga ke Jakarta dan tanah Jawa, seakan ingin mencicipi manisnya bisnis duku.

http://jambi.tribunnews.com/2014/08/19/disebut-duku-palembang-meski-dari-kumpeh