PERANGKO


Sebagai sebuah identitas apalagi kelokalannya, maka sebuah perangko diterbitkan. Kini Perangko seri Rimba Boy, hadir di Gerai Jakoz dalam bentuk kaos tentunya.

Perangko merupakan benda berharga yang memiliki fungsi utama sebagai tanda pelunasan porto dan biaya pos. Namun juga memuat banyak hal; pesan moral, menggambarkan keindahan alam, dan juga menggambarkan sejarah serta budaya.

Sebelum perangko ada, biaya pengiriman surat masih dilakukan dengan membayar secara tunai. Namun dengan adanya perangko, setiap orang bisa mengirim surat dengan menggunakan prangko yang sesuai dengan biaya pengiriman surat.

Walau hape dan blackberry menjamur sebagai salah satu teknologi informasi terkini, perangko tetap menjadi bagian penting surat menyurat dan informasi terkini. Padahal dahulu, untuk mengetahui informasi, pengantaran surat dilakukan via merpati pos, unta, anjing, sepeda, berkuda, atapun berjalan kaki.

Setiap negera, negeri dan wilayah menerbitkannya, dan ia (perangko) mampu mengubah jalannya komunikasi di seluruh dunia.


Penny black merupakan perangko pertama di dunia yang diciptakan pada tahun 1840 yang memuat gambar kepala Ratu Victoria.

Komentar