..:: Gunung Kerinci ::..



Gunung tertinggi di Sumatera.

Gunung ini menjadi salah satu idola bagi pendaki dari pecinta alam lokal maupun dunia. Lokasinya terletak di Kecamatan Kayu Aro, 50 km dari kota Sungai Penuh.


Kerinci merupakan andalan pariwisata Jambi. Gunung dengan ketinggian 3.805 m diatas permukaan laut ini merupakan gunung tertinggi di Sumatera & memiliki kawah luas dengan diameter mencapai 600 m dipuncaknya. Untuk melakukan ekspedisi pendakian bisa dimulai melalui Stasiun Pengamat di Desa Kersik Tuo sebagai starting point.


Pendakian ke puncak membutuhkan waktu ± 9 jam, tergantung kesiapan fisik & kondisi sekitar gunung. Tantangan yang sering timbul adalah sulitnya memprediksi kondisi cuaca di gunung ini. Terkadang pendakian yang dimulai dengan cuaca cerah di kaki bukit, di tengah pendakian cuaca bisa berubah hujan & berkabut, hingga puncaknya hilang dari pandangan.


Sisi lain yang juga menarik mengenai gunung ini adalah adanya legenda mengenai Orang Kerdil Gunung Kerinci (manusia kerdil dengan tinggi ± 50 cm dengan tapak kaki terbalik/menghadap ke belakang).


Ternyata wilayah gunung Kerinci, tidak hanya “dimiliki” oleh Propinsi Jambi. Ia juga terdapat di perbatasan Sumatera Barat (Kab. Pesisir Selatan) dan Bengkulu.


Flora dan fauna yang terdapat didalamnya beraneka ragam hayati;flora dan fauna.


Di dalam kawasan ini juga terdapat TNKS (Taman Nasional Kerinci Seblat) yang merupakan terluas di Asia.


Taman Nasional ini memiliki setidaknya 360 spesies burung, 25 jenis mamalia, 100 spesies reptilia, 60 spesies amphibia, & 8 spesies primata. Termasuk pula satwa langka seperti Harimau Sumatera, Badak, & Gajah Sumatera.


Dilengkapi dengan 4 ribu spesies flora termasuk bermacam anggrek alam, Rafflesia & Amorphopallus.


Hmm..cerita tentang Kerinci, ga bakalan abis ya…


Masih banyak yang perlu kanti jelajahi di Negeri Sakti Alam Kerinci ini.


It’s wonderful & nice place at Jambi…

Komentar